All for Joomla All for Webmasters

ATAP BAJA RINGAN

Bangun Cipta > WORKSHOP > ATAP BAJA RINGAN

Sekilas mengenai baja ringan. Baja ringan adalah baja canai dingin yang keras yang diproses kembali komposisi atom dan molekulnya, sehingga menjadi baja yang lebih fleksibel, berkualitas tinggi namun bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.

Ada bebarapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya. Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

Namun tahukah anda bahwa penggunaan rangka baja ringan, merupakan hal yang tergolong baru di Indonesia, beberapa developer yang menggunakan jenis rangka atap ini, banyak mengadaptasi metode ini dari “negeri sakura” Jepang yang telah jauh lebih dulu menggunakan teknologi atap baja ringan untuk konstruksi bangunan, dari hasil pengembangan bangunan berteknologi anti gempa, mengingat negeri sakura adalah negeri yang rawan gempa. Sehingga rangka atap baja ringan ini juga sangat cocok digunakan dan dikembangkan pada bangunan di Indonesia yang juga memiliki history gempa seperti dijepang.

Saat ini rangka atap baja ringan menjadi material bangunan yang sedang sangat trend digunakan di Indonesia. Selain karena gencarnya iklan-iklan yang menawarkan produk rangka atap baja ringan secara
menarik, hal ini juga dikarenakan semakin langka dan mahalnya kayu yang baik untuk digunakan sebagai rangka atap suatu bangunan. Maka material rangka atap baja ringan menjadi satu pilihan terbaik bagi para kontraktor ataupun owner dalam membangun rumah.

Selain itu juga rangka atap yang berbahan baja ringan ini memiliki banyak keunggulan dalam segi keawetan, tahan rayap dan karat, serta memiliki kekuatan struktur yang lebih bagus, lebih kuat dan lebih kaku dibanding konstruksi kayu.

Contoh Gambar: